running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Selasa, 09 Oktober 2018

Renungan Harian - “ Mengenai aku, jauhlah dari padaku untuk berdosa kepada Tuhan dengan berhenti mendoakan kamu...


Renungan Harian Jemaat HKBP Sutoyo

Selasa 09 Oktober 2018

“ Mengenai aku, jauhlah dari padaku untuk berdosa kepada Tuhan dengan berhenti mendoakan kamu; aku akan mengajarkan kepadamu jalan yang baik dan lurus” ( 1 Samuel 12:23 )

Jemaat yang dikasihi Yesus Kristus
Selamat Pagi, Doa pastilah bukanlah hal yang asing bagi kita, dan kita semua pernah melakukan kegiatan berdoa. Ketika bangun tidur, mau berangkat  untuk bekerja atau sebelum berkegiatan, mau makan  atau kegiatan lainnya, sering kali diawali dengan berdoa, meskipun tidak semua juga yang melakukannya. Hal itu semua tergantung pada sejauh mana kita menginterpretasikan makna doa itu dan sejauh mana kita menganggap doa itu penting.  Dalam renungan ini bagaimana Samuel  memperlihatkan dirinya sebagai orang yang senantiasa berdoa. Dia tak pernah berkata lelah dalam berdoa. Sebab dalam pengakuannya, dia berdosa bila dia berhenti berdoa. Hidup Samuel tidaklah sempurna, seperti halnya anak-anak Imam Eli mereka jahat, yang suka mengejar laba, menerima suap dan memutarbalikkan keadilan;hidup mereka berbeda dengan Imam Eli. Dia menjaga hidupnya bersih dihadapan Tuhan dan umat, menjadi teladan, pendoa syafaat dan setia mengajar umat. Inilah yang Samuel teladani dari Imam Eli. Samuel sudah tua dan saatnya akan undur diri dari pelayanannya. Tetapi keteladanan, integritas pelayanan yang ditunjukkan punya kuasa dalam hidup umat Israel. Umat Israel memiliki kepekaan terhadap kebenaran firman Tuhan sehingga mereka mudah menerima nasehat dari Samuel. Samuel mendoakan umat Israel agar hidup mereka sungguh-sungguh berkenan dihadapan Tuhan.



Jemaat yang dikasihi Yesus Kristus
Berdoa bukan sekedar melipat tangan, tutup mata dan menundukkan kepala, tetapi berdoa adalah kesungguhan hati untuk jujur di hadapan Tuhan. Kesungguhan hati dalam berdoa merupakan satu hal yang gampang-gampang susah. Sekilas tampak sangat mudah untuk mengucapkan doa dengan sungguh. Namun yang sering mengecoh dan membuatnya menjadi hal yang susah adalah ketika tidak jujur terhadap diri kita sendiri. Sebelum mengaku pada Tuhan, baiklah kita mengaku pada diri sendiri terlebih dahulu dan itulah kesungguhan hati yang sejati.  Sudahkah hidup keseharian kita diwarnai dengan doa-doa bagi diri kita dan orang lain disekitar kita dan janganlah ragu untuk membawa banyak orang kedalam doa kita. Amin HPS