running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Jumat, 16 November 2018

Renungan Harian - "Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus."


Renungan harian HKBP Sutoyo

Jumat, 16 Nopember 2018

"Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus."
(Roma 5:1)

Sejak kejatuhan manusia pertama ke dalam dosa, tidak ada perbuatan baik apapun yang dapat menyelamatkan manusia. Manusia tidak akan pernah dapat memperoleh keselamatan dan mengalami pemulihan hubungan dengan Allah. "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak (Roma 3:10). Semua keturunan Adam telah terkontaminasi dan tercemar dosa itulah dosa asali.
Namun dengan inisiatif Allah sendiri :"...mengutus AnakNya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup olehNya" (I Yoh.4:9) yaitu anugerahNya (Yoh.3:16).
Anugerah diberikan Allah sebagai proses pembenaran bahwa manusia yang berdosa dijadikan benar bukan berdasarkan apa yang diperbuatnya tetapi berdasarkan anugerah Allah.
Dibenarkan adalah berkenan berkenan dengan perubahan dalam hubungan yaitu hubungan antara Allah dan orang yang percaya kepada Yesus Kristus.



Kita adalah orang berdosa, namun kita telah dibenarkan oleh Allah karena beriman kepada Yesus Kristus yang telah menjadi kurban penghapusan dosa, supaya kita diselamatkan dan memperoleh pengampunan dosa.
Dalam proses "pembenaran" ini Allah berperan sebagai Hakim, yang oleh karena AnakNya Ia membenarkan orang berdosa, yaitu dengan mengampuni dosa-dosanya, sehingga yang percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, hukuman dosa tidak lagi ditanggungkan kepada manusia itu. Itu berarti orang dibenarkan adalah karena imannya. Dan iman itulah yang membuahkan perbuatan baik dan hidup dalam damai sejahtera.
Iman itu jugalah memampukan orang percaya untuk bertahan dalam penderitaan, yang akhirnya menghentar hidup kita menang, berkemenangan dalam segala hal. Amin.

Semangat Pagi, Selamat beraktifitas. Tuhan berkati. SLS 🌻