running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Kamis, 06 Desember 2018

Renungan Harian - “Aku telah mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku”


Renungan Harian Jemaat HKBP Sutoyo

Kamis 06 Desember 2018

“Aku telah mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku” ( Mazmur 34:5)

“Hulului do Jahowa, jadi dialusi ahu, jala dipalua ahu sian angka hagogotanku sudena”

Bapak/Ibu, jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus..
Mazmur ini menjelaskan tentang seseorang yang mengucapkan syukur kepada Tuhan karena keselamatan yang diterima dari Tuhan. Pengalamannya bersama Tuhan membuat dia tidak mungkin mendiamkan perbuatan keselamatan Tuhan dalam hidupnya. Ia mengungkapkan, setelah Tuhan menyelamatkannya, ia berjanji untuk membuat arah dan tujuan hidupnya yaitu memuji dan memuliakan Tuhan. Bagaimanapun orang banyak memuji kemampuan yang dimilikinya, namun Daud hanya ingin memuji Tuhan di segala waktu, dia mau merendahkan hati kepada Tuhan, bahwa jiwanya hanya bermegah di hadapan Tuhan. Dan Daud ingin mengajak semua orang untuk memuji segala perbuatan Tuhan yang ajaib, bukan justru untuk memuji dirinya. Alasan untuk memanggil semua orang memuji Tuhan sangat jelas diungkapkan oleh Daud, yakni:



-       Aku telah mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku
-       Yang memandang dan menunjukkan wajah kepada Tuhan, akan dibuat mukanya berseri-seri. Ketika berseru kepada Tuhan, maka Tuhan akan mendengar dan menyelamatkan
-       Malaikat Tuhan bekemah disekeliling orang-orang yang takut akan Dia
Daud mengungkapkan rahasia kehidupannya, bahwa kemampuannya hanyalah karena ditopang oleh Tuhan. Maka tidak ada alasan untuk tidak bersyukur kepada Tuhan. Semakin kita bersyukur, semakin kita melihat pertolongan nyata atas kehidupan kita.

Bapak/Ibu Jemat yang dikasihi Yesus Kristus..
Masing-masing kita tentu mempunyai pengalaman hidup seperti Daud. Ada peristiwa yang terjadi di luar kemampuan kita, tetapi karena Tuhan menggerakkan, sehingga kita beroleh sukacita. Tuhan senantiasa menjagai kita. Tuhan menampung setiap permohonan kita. Karena itu, berserulah kepadaNya. Ketika kita susah memikirkan dunia ini pandanglah Tuhan, maka kita akan tersenyum. Kesusahan kita itu sesungguhnya tidak begitu berarti, tidak membuat dunia ini kiamat. Tuhan akan membuat hati kita tenang teduh. Orang yang berserah kepada Tuhan akan dikuatkan dan dilepaskan dari kesulitan, karena Tuhan membimbing kita selalu dijalanNya. Pujilah Tuhan pada segala waktu. Di setiap waktu yang diberikan Tuhan hendaklah kita memujiNya. Dalam berjumpa dengan Tuhan di dalam ibadah, sekalipun kita banyak masalah, Tuhan mampu membuat kita bersukacita. Imanilah dan yakinlah pada Tuhan, maka akan terasa bahwa hidup ini sungguh indah. AMIN. Pdt. HP. Simbolon

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========
www.hkbpsutoyo.blogspot.com