running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Senin, 31 Desember 2018

Renungan Harian - Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.


RENUNGAN HARIAN HKBP SUTOYO

Senin, 31 Desember 2018

Yohannes 12 : 48
Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

Na mambolongkon Ahu jala na so manjalo hatangKu, nunga adong na manguhum i; hata na Huhatahon, ido manguhum ibana di ari parpudi.




Bapa/Ibu Saudara/i yang terkasih dalam Kristus Yesus! Hari ini adalah hari terakhir bagi kita dalam tahun 2018. Karena sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang baru tahun 2019. Tentu sebagai orang yang beriman, kita meyakini penyertaan Tuhan dalam kehidupan kita sepanjang tahun. Baik hidup secara jasmani maupun rohani. Secara jasmani kita memperoleh nafas kehidupan, makanan dan minuman. Baik orang-orang dan saudara/i kita yang ada di sekitar kita. Secara rohani kita telah menerima sabda dan firman Tuhan, yang menjadi bekal dan petunjuk bagi kita untuk hidup semakin lebih baik dan berkenan di hadapan Tuhan.
Sesuai dengan hal tersebut, kita diingatkan pada hari ini melalui firman-Nya. Hal ini dikatakan Tuhan Yesus hanya kepada para murid-Nya. Perkataan-Nya ini bukan lagi untuk mengundang mereka agar percaya, namun merupakan peringatan akan hukuman dari Allah bagi mereka-mereka yang menolak Dia. Tuhan Yesus membukakan fakta bagi orang yang tidak percaya. Yaitu kepada mereka yang sudah mendengar firman-Nya, tetapi tidak taat. Dengan ketegaran hati mereka terus-menerus menolak Yesus. Tuhan Yesus mengatakan bahwa mereka-mereka akan dihakimi oleh firman Yesus pada akhir zaman. Maksudnya Tuhan Yesus telah memberikan petunjuk tentang kebenaran, namun ada saja menolak kebenaran tersebut. Dengan demikian kebenaran firman Tuhan yang akan menghukum yang menolak kebenaran tersebut. Janji dan firman tersebut adalah merupakan peringatan dan hakim bagi mereka-mereka yang tidak mau hidup di dalam-Nya. Perkataan ini bukan hanya peringatan yang tajam, namun menegaskan tentang kekuasaan Ilahi dan kekekalan dari firman-Nya. Karena seperti yang dikatakan oleh Paulus dalam suratnya ke jemaat di Filippi, bahwa kelak setiap mulut akan mengaku dan setiap lutut akan bertelut bahwa Yesus adalah Tuhan.
Nah melalui ayat renungan ini, mau mempertegas bagi kita, bahwa ini berlaku bukan hanya kepada yang bukan Kristen. Namun kepada kita juga yang sudah mengaku akan Kristus. Apakah kita hidup sesungguhnya berdasarkan firman-Nya dan taat akan firman-Nya. Marilah kita merenungkan secara bersama-sama pada saat dan hari ini juga. Selamat mengakhiri tahun 2018 dan selamat menyambut tahun 2019. Tuhan memberkati. Amin.

Doa:
Terima kasih Tuhan karena Engkau menyertai kami sampai penghujung tahun ini. Biarlah kiranya hikmat yang dari pada Tuhan berdiam dalam diri kami, agar mampu untuk menerima sabda dan firman Tuhan. Sehingga tidak ada satu orang pun di antara umat-Mu yang akan menerima penghukuman pada akhir zaman.

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========
www.hkbpsutoyo.blogspot.com