running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Senin, 17 Desember 2018

Renungan Harian - Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataanKu tidak akan berlalu.


Renungan Harian HKBP SUTOYO

Senin, 17 Desember  2018

Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataanKu tidak akan berlalu.
(Lukas 21 : 33)

Syalom. Selamat pagi. Bapak/ibu/sdr-i yang diberkati Tuhan.
Segala sesuatu ada waktunya. Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk bertumbuh, ada waktu untuk menjadi tua, dan ada waktu untuk mati. Dari ungkapan-ungkapan itu terbesit suatu fakta bahwa semua manusia diberi waktu yang terbatas. Bila waktu itu berlalu maka sirna pula segala kesempatan yang terkandung di dalam waktu itu. Tidak ada satu alat pun yang mampu memutarbalikkan waktu.
Ada cerita yang menarik pada masa  awal Perang Dunia II, serangan bom udara meluluhlantakkan sebagian besar isi kota Warsawa, Polandia.



Balok-balok semen, pipa yang meledak, dan pecahan kaca berserakan di seluruh kota tersebut. Namun di pusat kota, sebagian besar dinding dari sebuah bangunan yang sudah rusak masih berdiri dengan kokoh. Itulah kantor pusat British and Foreign Bible Society (Lembaga Alkitab Britania dan Luar Negeri) di Polandia. Pada dinding yang masih bertahan tersebut tertulis kata-kata berikut: “Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu” (Lukas 21 : 33). Perikop kita hari ini tentang “Perumpamaan tentang pohon Ara (ay 29 – 33). Mendidik dan mengajar kita agar kita mempunyai keterampilan rohani untuk membaca tanda-tanda zaman. Mengapa ini disebut keterampilan rohani?. Maka, untuk memperkuat  keterampilan rohani dan ketajaman batin untuk menemukan kehendak Tuhan dalam hidup, diperlukan hidup doa peribadi yang baik. Tanpa hubungan peribadi yang erat dengan Tuhan, usaha untuk mengenali seluruh kehendak-Nya dalam hidup kita sukar untuk digapai. Karena itu komunikasi dengan Tuhan sangat dibutuhkan.

Jemaat yang dikasihi Tuhan!
Dalam hidup ini kita sering dipenuhi dengan pertanyaan, apakah yang Tuhan kehendaki dalam hidupku? Mengapa peristiwa ini terjadi dalam hidupku? Lain lagi bagaimana kita membuat keputusan untuk memilih apa yang terbaik untuk hidup. Oleh kerana itu, keterampilan rohani diperlukan untuk membaca ke arah mana sebenarnya Tuhan menuntun hidup kita. Maka pentinglah apa yang disebut Spiritual  Quality. Kita dilatih untuk menimbang dengan cermat dan bijak di saat kita harus mengambil keputusan yang penting dalam hidup ini. Jangan tergesa-gesa jangan emosional, jangan hanya mengandalkan kepintaran logika, tetapi harus mampu mendengar suara hati kita. Karena  di suara hati lah Roh Tuhan mau berbicara pada kita bukan melalui logika kita.

Jemaat yang dikasihi Tuhan!
Firman Tuhan tetap relevan sepanjang masa dan sepanjang waktu. Setiap manusia beriman diajak untuk melihat jauh ke depan. Kerajaan Allah sudah dekat. Setiap orang diundang untuk keselamatan dan kebahagiaan akhirat. Tawaran mengambil bagian dalam sukacita Kerajaan Allah disampaikan bagi semua orang. Bagaimana menanggapi kesempatan dan rahmat yang ditawarkan Tuhan dalam Kerajaan Allah, kembali pada kesadaran, dan keterbukaan setiap insan. Yang pasti, “Angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu” (Luk. 21:32-33). Firman Allah senantiasa relevan menyapa manusia sepanjang masa, berbahagialah yang mendengar, merenungkan, dan melaksanakan firmanNya dalam hidup. Mari kita tetap berkarya, pakailah waktu dan kesempatan yang Tuhan memberikan kepadamu, niscaya hidupmu akan selalu bersyukur pada Tuhan. Tuhan Yesus memberkati. .Amin (BN).

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========
www.hkbpsutoyo.blogspot.com