running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Jumat, 07 Desember 2018

Renungan Harian - Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Hosana di tempat yang Maha Tinggi”


RENUNGAN HARIAN HKBP SUTOYO

Jumat, 07 Desember 2018

Matius 21 : 9 
Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Hosana di tempat yang Maha Tinggi”.

Alai sude natorop i, angka na di jolona nang na mangihut sian pudi be, mangolophon: Hosianna di Anak ni Raja Daud! Pinasupasu ma na ro marhitehite Goar ni Tuhan i! Hosianna ma di ginjang!



Bapa/Ibu, Saudara/i yang terkasih dalam Kristus Yesus! Teks ini mengisahkan suatu penyambutan orang banyak ketika Tuhan Yesus memasuki Yerusalem. Penyambutan tersebut mempunyai alasan. Biasanya orang banyak akan menyambut seorang panglima perang yang pulang dan sudah mengalahkan banyak musuh yang tidak dilihat oleh rakyatnya. Latar belakang teks ini mereka dengan suka cita dan kegembiraan menyambut dan menyanjung Yesus.
Teks hari ini mengatakan Hosana bagi Anak Raja Daud. Hosana mengandung arti doa dan permohonan  keselamatan. Saat itu banyak orang sedang berkumpul di Yerusalem yang sedang merayakan Paskah. Mereka menyambut Yesus dengan luar biasa karena mukjizat-mukjizat yang dilakukan-Nya. Ketika orang banyak melihat Yesus datang menaiki keledai muda, mereka menyambut “Hosana bagi Anak Daud” dengan harapan mereka beroleh keselamatan/pembebasan dari pemerintahan Romawi yang sedang menjajah mereka.
Dengan menyerukan “Hosana” berarti kita sedang mengagungkan dan meninggikan Tuhan. Namun harus disadari saat memuji, mengagungkan dan meninggikan Tuhan, kita telah didamaikan dengan-Nya sehingga kita memiliki sukacita besar yang keluar dari dalam hati karena Allah sangat mengasihi kita. Tuhan sedang datang kepada kita dan menyatakan diri sebagai Orang yang lemah lembut, Raja yang membawa damai sejahtera. Hendaknya direspons dengan menyerahkan hidup untuk menerima keselamatan.
Sesuai dengan tema dalam Bulan Desember 2018 sesuai dengan almanak HKBP menekankan: “Tuhan telah melawat umat-Nya”. Saat ini Tuhan sedang melawat kehidupan kita, Ia mau memperdamaikan kita dengan diri-Nya sendiri. Maka perlu kita lakukan penyambutan dengan kemauan untuk diperdamaikan dengan-Nya dan siap untuk disucikan dari segala keberdosaan sehingga nyanyian pengagungan kita kepada Tuhan serta doa permohonan keselamatan bagi kita didengar oleh-Nya. Amin. MMS

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========
www.hkbpsutoyo.blogspot.com