running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 08 Desember 2018

Renungan Harian - "Dengan perbuatan-perbuatan yang dasyat dan dengan keadilan Engkau menjawab kami, ya Allah yang menyelamatkan kami, Engkau yang menjadi kepercayaan segala ujunh bumi dan pulau-pulau yang jauh".


RENUNGAN HARIAN HKBP SUTOYO

Sabtu, 08 Desember 2018

Mazmur 65:6
"Dengan perbuatan-perbuatan yang dasyat dan dengan keadilan Engkau menjawab kami, ya Allah yang menyelamatkan kami, Engkau yang menjadi kepercayaan segala ujunh bumi dan pulau-pulau yang jauh".

Tung na songkal do pangalusiM tu hami di bagasan hatigoran, ale Debata ni hatuaonnami, haposan ni saluhut ujung ni tano on dohot laut, angka na dao i.



Bapak/ibu, saudara yang terkasih. Kebahagiaan kita sebagai orang Kristen adalah ketika "Doa" kita dikabulkan oleh Tuhan. Nas ini membuktikan alangkah bahagiannya pemazmur ketika hal itu terjadi. Ketika doanya dikabulkan oleh Tuhan, ketika Tuhan menyelamatkannya dari orang-orang jahat yang ada di sekitarnya. Allah menjawab doa orang-orang yang dengan sungguh-sungguh berdoa kepadaNya. Kebahagiaan tersebut ditunjukkan oleh pemazmur dalam bentuk "nyanyian" dengan pengakuan bahwa semuanya itu adalah perbuatan Tuhan yang sangat dasyat. Oleh karena itu, pemazmur percaya, bahwa hidupnya dipenuhi oleh berkat.

Bukan hanya pemazmur, dalam nas inu juga diberitahujan, bahwa sampai segala ujung bumi, pulau-pulau akan menaruh kepercayaan kepada Tuhan. Itu artinya bumi, pulau-pulau telah menjadi saksi dari perbuatan-perbuatan yang telah diperbuat Tuhan itu sendiri. Bapak/ibu dan saudara/i yang terkasih ajakan pemazmur di sini untuk bersyukur perlu direspon dalam hidup orang-orang yang beriman dan percaya kepadaNya. Kita diingatkan perlunya untuk senantiasa menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan, apapun yanhvakan kita lakukan, kerjakan, dan dalam situasi apapun, kita tidak boleh lalai dalam membangun relasi dengan Tuhan. Karena Tuhan melihat dan menantikan adanya kesungguhan, kegigihab kita sebagai orang yabg sudah menerima keselamatan dariNya.

Kita kembali diingatkan dengan perlunya "doa", dimana doa adalah jembatan bagi kita dengan Tuhan. Doa adalah nafas kehidupan orang yang percaya kepadaNya, karena dengan doalah kita bisa mengucap syukur, meminta apa yang kita butuhkan atau perlukan serta memberikan diri kita dalam kendali tangan Tuhan. Keyakinan ini harus dipupuk terus menerus, dihayati berulang-ulang, agar kita semakin teguh dan kuat menghadapi cobaan dan tekanan hidup yang sangat berat. Terlebih dalam suana Advent I ini yang menuntun kita untuk berharap kepada Tuhan dan pengharapan kita tidak akan pernah sia-sia. Berharap bahwa Dia akan menjawab doa-doa kita, berharap bahwa Dia tidak akan pernah meninggalkan kita. Paulus juga mengajari kita untuk senantiasa bersukacita karena dengan sukacita itu akan memampukan kita untuk menyadari bahwa Tuhan ada bersama-sama dengan kita. Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan dan bertekunlah dalam doa ( Rom. 12:12).

Karena itu saudara/saudari yang terkasih, sadarilah betapa banyak perbuatan tangan Tuhan yang sangat dasyat dalam hidupmu. Maka tang wajib kita lakukan adalah "bersyukur". Ciri-ciri orang yang sudah sadar akan perbuatan Tuhab yaiti dia yang selalu melakukan apa yang Tuhan kehendaki, menjauhkan diri dari dosa, memberi yang terbaik kepada Tuhan. Jadikan ini menjadi sukacitamu, bahwa kita mampu menjadi seperti yang Tuhan inginkaan. Amin
Bvr. G. R. Hutahaean.

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========
www.hkbpsutoyo.blogspot.com