running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Minggu, 30 Desember 2018

Renungan Harian -


RENUNGAN Harian HKBP Sutoyo, MINGGU, 30 DESEMBER 2018
( MAZMUR 149:1-9 )

1. Haleluya! Nyanyikanlah bagi TUHAN nyanyian baru! Pujilah Dia dalam jemaah orang-orang saleh.
2. Biarlah Israel bersukacita atas Yang menjadikannya, biarlah bani Sion bersorak-sorak atas raja mereka!
3. Biarlah mereka memuji-muji nama-Nya dengan tari-tarian, biarlah mereka bermazmur kepada-Nya dengan rebana dan kecapi!4. Sebab TUHAN berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang-orang yang rendah hati dengan keselamatan.5. Biarlah orang-orang saleh beria-ria dalam kemuliaan, biarlah mereka bersorak-sorai di atas tempat tidur mereka!6. Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, dan pedang bermata dua di tangan mereka,7. untuk melakukan pembalasan terhadap bangsa-bangsa, penyiksaan-penyiksaan terhadap suku-suku bangsa,8. untuk membelenggu raja-raja mereka dengan rantai, dan orang-orang mereka yang mulia dengan tali-tali besi,9. untuk melaksanakan terhadap mereka hukuman seperti yang tertulis. Itulah semarak bagi semua orang yang dikasihi-Nya. Haleluya!



Bapak/Ibu Jemaat Syaloom. Hari ini adalah Minggu terakhir tahun 2018 dan tinggal 2 hari lagi kita akan menyudahi tahun ini dan memasuki tahun 2019. Kita bersyukur karena Tuhan senantiasa menyertai kita sehingga kita boleh menjalani Tahun ini dengan sehat, suka dan duka menghampiri perjalanan hidup kita namun yang pasti Tuhan selalu setia menyertai kita. Mazmur ini ajakan atau panggilan Tuhan untuk memuji Tuhan. “Nyanyikanlah bagi Tuhan nyanyian baru”. Nyanyian baru yang disebutkan disini menunjuk kepada Karya keselamatan yang dikerjakan Tuhan. Dan itu telah nyata terjadi dalam hidup atas kelahiran Yesus Kristus. Alasan karya keselamatan itulah, kita patut memuji Tuhan.
Oleh sebab itulah Sikap dan ekspresi memuji Tuhan tersebut dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan suka cita bukan asal-asalan. Karena itulah sepanjang masa termasuk Gereja pada masa kini diajak atau dipanggil untuk memuji Tuhan. Ada banyak orang, tak terkecuali orang Kristen, tidak mengerti bahwa sesungguhnya semua manusia yang ada di dunia ini diciptakan untuk memuji Tuhan, sebab ada tertulis:  "Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya!"  (Mazmur 150:6).
Oleh karenanya memuji dan meninggikan nama Tuhan seharusnya menjadi bagian hidup sehari-hari. Dalam kekristenan memuji Tuhan adalah unsur penting dalam setiap peribadatan dan mendapatkan porsi lebih, namun sering terlihat ada jemaat yang menganggap remeh arti puji-pujian bagi Tuhan.  Terbukti dari sikap dan reaksi mereka dalam memuji Tuhan saat ibadah berlangsung:  ada yang memuji Tuhan dengan asal-asalan, setengah hati, tanpa semangat, ala kadarnya, bahkan ada yang memuji Tuhan sambil cekikikan, bersenda gurau, atau sambil memainkan handphone.  Jika ditegur mereka akan berdalih,  "Menyanyi itu bukan bidangku.  Aku tidak nyaman dengan lagu yang dibawakan worship leader, sangat membosankan.  Aku tidak suka memuji Tuhan dengan suara yang keras, cukup di dalam hati saja."
Selama nafas masih berhembus tidak ada alasan tidak memuji Tuhan, sebab memuji Tuhan bukan berbicara tentang bakat, suara bagus atau jelek, suka atau tidak suka lagunya, namun berbicara tentang pengakuan seseorang kepada Tuhan dan persetujuan mengenai keberadaan-Nya sebagai Pribadi yang layak menerima pujian dari umat ciptaan-Nya.  Perlu digarisbawahi pula bahwa memuji Tuhan tidak cukup hanya di dalam hati, tapi kita perlu memiliki pujian di mulut, harus diucapkan dan disuarakan, yang keluar dari lubuk hati terdalam, bukan sebatas ucapan atau lips service.  Inilah yang dilakukan pemazmur:  "Aku hendak memuji TUHAN pada segala waktu; puji-pujian kepada-Nya tetap di dalam mulutku."  (Mazmur 34:2).  HPS

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========
www.hkbpsutoyo.blogspot.com