running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Selasa, 04 Desember 2018

Renungan Harian - "Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa muda, ya Allah"


Renungan Harian HKBP Sutoyo

Selasa 04 Desember 2018

"Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa muda, ya Allah"
(Mazmur 71:5)

Dengan bertambahnya umur manusia, saatnya akan menjadi tua: keriput, kekuatan tubuh berangsur merosot, menjadi lemah dan aktivitas pun sudah sangat terbatas. Tidak sedikit orang takut menjadi tua sehingga berbagai upaya dilakukan agar supaya tetap awet muda.
Banyak orang dihinggapi rasa cemas dan kwatir ketika memasuki masa tua. Mungkin karena anak-anaknya sudah ditinggal jauh dari mereka, atau jika masih ada didekatnya, ia merasa anaknya sudah tak membutuhkan dirinya lagi. Ada juga orangtua yang harus menghabiskan sisa hidupnya di Panti Jompo; karena dititipkan anak- anaknya yg merasa kerepotan dan tidak sanggup merawat karena sibuk, atau karena tidak punya sanak family.
Padahal, tidak ada alasan untuk menolak menjadi tua dan bahkan menjadi tua seharusnya menjadi kebanggaan. Oleh budaya Tiongkok menganggap usia tua sebagai lambang dari kebijaksanaan. Dan pada budaya Yahudi menyatakan bahwa usia tua sebagai wujud kematangan baik pikiran maupun spiritual.



Bapak Ibu, Saudara/i kekasih Yesus....
Rasa cemas itu juga sempat menyerang Daud karena ia tahu bahwa tidak mungkin seseorang tetap merasa muda dan perkasa. Namun pada akhirnya Daud pun yakin benar bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan orang yang dikasihiNya. Ia mengerti benar.  bahwa sat-satunya tempat bersandar adalah Tuhan saja. Yang Daud takutkan adalah bila Tuhan yang meninggalkan dirinya.
Itulah sebabnya dalam doa pada Mazmur 71 ini, Daud menyatakan pengalaman rohaninya, telah berjalan di jalan Allah sejak kecil-masa mudanya, masa energik, penuh kenangan meskipun mengalami kesulitan-kesulitan namun Allah setia menolongnya, Allah memampukannya  maka ia pun tetap memelihara iman dan keyakinannya kepada Allah. Daud bertekad untuk melakoni masa-masa tuanya dan  berkeyakinan sungguh hanya Tuhan lah harapannya, Tuhan akan menunjukkan kuasa dan kasih juga kebaikanNya. Pemeliharaan Tuhan atas hidupnya tidak kan berubah.

Bapak Ibu, Saudara/i kekasih Yesus, bila Daud mengalami pengalaman rohani sedemikian rapi akan pertolongan dan kuasa Tuhan, tentu kita juga mempunyai pengalaman rohani bersama Tuhan pada masa lalu, pada masa muda sampai masa sekarang. Itu berarti kepercayaan kita kepadaNya untuk melangkah sampai masa Tua kelak sudah terjamin di dalam Tuhan. Tetaplah setia dalam kasih, iman dan pengharapan. Amin.

Dari Bogor, Semangat Pagi Selamat beraktifitas. Tuhan berkati.SLS 🌻

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========
www.hkbpsutoyo.blogspot.com