running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 29 Desember 2018

Renungan Harian - Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu : selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu? "


Renungan Harian HKBP SUTOYO

Sabtu, 29 Desember 2018

Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu : selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?  " (Mika 6 : 8 )

Jemaat,  yang diberkati Tuhan. Selamat bertemu kembali dalam pelayanan renungan harian HKBP Sutoyo, hari ini, Sabtu, 29 Desember  2018. Dua hari lagi kita akan meninggalkan tahu 2018 dan memasuki tahun baru  2019, tahun berganti tahun tapi kasih Tuhan tetap untuk selama-lamanya. Amin
Pembahasan kita hari ini, dimana Nabi Mikha ingin mengungkapkan kebencian terhadap ketidak adilan, ketidaksetiaan, ke angkuhan dan penyelewengan, suap (korupsi) kepura-puraan yang dilakukan para pemimpin di Yerusalem. Melihat kesalahan-kesalahan sosial yang terjadi Nabi Mika merasa terpanggil oleh rasa belas kasih terhadap penderitaan orang-orang miskinyang tertindas. Mikha mengutuk praktik-praktik keagamaan yang tercerai dari perilaku sebenarnya (3:9-10,6:3-5,6-8). Mikha tetap bergeming dalam membela kebenaran moral (3:8).



Jemaat yang diberkati Tuhan.
Ada tiga karakter yang disebutkan, yakni berlaku adil, mencintai kesetiaan dan terakhir adalah hidup dengan rendah hati. Anggaplah, kita sekarang sudah merasa adil, sudah setia, apakah ini sudah cukup? ternyata belum. Harus ada karakter terakhir yakni rendah hati. Kita masih harus berjalan dengan rendah hati, supaya kita tetap bersandar kepada pertolongan Tuhan untuk berlaku adil. Kita masih tetap harus bersandar kepada pimpinan Tuhan agar kita tetap terus mencintai kesetiaan. Kita harus dengan rendah hati menyadari bahwa kita bisa memiliki karakter yang adil dan setia, semata mata karena belas kasihan Tuhan saja. Jika kita tidak lagi dengan rendah hati bersandar kepada Tuhan maka kita akan kehilangan keadilan dan kesetiaan. Atau setelah memiliki karakter yang baik, kemudian saudara menjadi sombong, maka karakter yang baik tadi akan rusak seketika. Itulah sebabnya rendah hati merupakan karakter kunci, atau karakter yang tertinggi. sebab jika tidak ada kerendahan hati, maka tidak akan ada karakter karakter yang baik seperti tadi. Coba kita perhatikan apakah ada orang sombong yang baik? apakah ada orang sombong yang adil? apakah ada orang sombong yang setia? kalau kita mendapati orang sombong yang baik, maka kebaikannya itu palsu dan kemunafikan. Kerendahan hati merupakan karakter kunci dari semua karakter etika moral Kristiani. Ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Rasul Petrus agar kita mengenakan kerendahan hati sebagai pembungkus dari semua karakter. (1 Pet 5:5). Bukan hanya itu, tetapi jadikanlah kerendahan hati sebagai pembungkus semua milik kita. Kepintaran kita, bungkuslah dengan kerendahan hati. Kekayaan kita, bungkuslah dengan kerendahan hati. Talenta dan karunia yang kita miliki, bungkuslah dengan kerendahan hati, jabatan dan pekerjaan, bungkuslah dengan kerendahan hati.  Maka dengan demikian nyatalah kasih Tuhan dalam kehidupan kita. Yesus berfirman : dalam Lukas 14 : 11 : “Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan”  Matius 5 : 8 :”Berbahagilah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah”. Amin Tuhan Yesus memberkati, selamat menyambut Tahun Baru 2019. Mari melangkan bersama dengan Allah, jangan takut dan jangan ragu, biarlah tahun 2019 menjadi tahun sukacita dan tahun  pengharapan bagi seluruh jemaat Tuhan, Syalom.

DOA :
“Ya Tuhan Allah, ajarlah kami untuk  berlaku adil, mencintai kesetiaan dan hidup dengan rendah hati, dan juga sucikanlah hati kami agar kami tidak jatuh akan kuasa dunia.

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========
www.hkbpsutoyo.blogspot.com