running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Kamis, 27 Desember 2018

Renungan Harian - “Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman".


Renungan Jemaat HKBP Sutoyo

Kamis, 27 Desember 2018

Nats: Yohanes 6:40
“Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman".

Syalom Jemaat HKBP Sutoyo yang dikasihi Tuhan. HORAS…
Perayaan Natal baru saja kita lewati, walaupun masih ada di antara kita yang akan merayakan Natal nanti atau besok. Namun harapan saya sebagai Pendeta kepada kita, biarlah euforia Natal berlalu, namun sukacita Natal yang sudah berlalu itu tetap dan selalu menyemangati kita untuk menjalani waktu ke depan. Apalagi tidak begitu lama, dengan menghitung hari kita akan melewati tahun 2018 dan kemudian memasuki tahun yang baru tahun 2019. Untuk mengakhiri tahun 2018 ini dan menyambut tahun 2019 nantinya, hari ini kita disapa Firman Tuhan dari Injil Yohanes pasal 6 ayat 40 di mana kalimat dalam ayat ini adalah suatu peryataan dari Tuhan Yesus sendiri yang memberitahukan pesan dari BapaNya tentang kerinduan besar yang sangat penting untuk disampaikan kepada orang yang percaya kepadaNya. Apa kerinduan itu? Allah sendiri bekehendak agar setiap orang yang melihat dan percaya beroleh hidup yang kekal dan dengan demikian Allah sendiri akan membangkitkan (baca: menyelamatkan) mereka pada akhir zaman. Luar biasa bukan?



Saudara-saudara Jemaat HKBP Sutoyo yang diberkati Tuhan…
Perlu untuk kita renungkan bahwa kadang kita kurang serius dalam hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan yang kekal dan juga tentang kebangkitan. Hal ini terbukti masih banyak yang ragu-ragu menjawab bila ditanya tentang apakah nanti anda yakin masuk surga? Walaupun ada yang menjawab ‘yakin’, akan tetapi sebenarnya mereka masih ragu dengan jawaban tersebut. Saya mau katakan, jangan ragu dan katakan bahwa Surga adalah milik dan rumah kita nantinya. Apa dasarnya? Nats ini adalah jawabannya! Yesus menyampaikan kepada kita bahwa kehidupan yang kekal (baca: Sorga) dan kebangkitan (orang percaya) adalah kehendak – keinginan BapaNya yang adalah pemilik Sorga itu. Bukankah yang menentukan siapa yang masuk dan yang tidak masuk atau yang beroleh dan yang tidak beroleh kehidupan yang kekal itu adalah hak mutlak dari sang pemilik? Oleh karena itu melalui nats ini kita diharapkan untuk tetap percaya – beriman kepadaNya. Tetap setia dan jangan pernah meninggalkan Dia. Hiduplah sesuai dengan kehendak Allah agar nantinya, suatu saat bila waktunya tiba kita menjadi pemilik Surga. Namun sebelum kita tiba di sana, marilah kita renungkan sudah sampai di mana kita hidup setia dan taat kepada Allah sang pemilik itu?

Amang, Inang dan seluruh jemaat HKBP Sutoyo yang dikasihi Tuhan…
Dengan berjalannya waktu tentunya kebutuhan jasmani pun akan bertambah dan semakin ‘menuntut’. Dengan berjalannya waktu juga kita semakin gigih untuk mencari sesuatu demi mencukupi kebutuhan jasmani kita. Namun pernah kah kita gumuli akan kebutuhan rohani kita? Atau sama seperti waktu itu, berlalu dan datang, berlalu lalu pergi? Nats ini mengingatkan kita akan kepedulian Allah kepada kita yang percaya bukan saja kebutuhan jasmani akan tetapi juga adalah kebutuhan rohani kita. Berikanlah waktu untuk merenungkannya. Sedang Tuhan peduli dengan kebutuhan rohani kita, kok kita tidak peduli dengan kehendakNya? Demikianlah renungan kita hari ini. Selamat menikmati hari Tuhan. Tuhan Yesus memberkati. Amin.           Pdt. Chrisvandoli Harahap

Doa:
Terimakasih Bapa yang baik, karenaMu aku sudah berada di penghujung tahun 2018. Itu semua karena kasih sayangMu kepadaku. Terimakasih atas kehendakMu yang akan menyadiakan kehidupan yang kekal buatku, sehingga tenanglah aku menjalani waktuMu karena aku yakin berkatMu melimpah atasku. Amin.

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========
www.hkbpsutoyo.blogspot.com