running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 01 Desember 2018

Renungan harian - “Sesudah itu orang Israel akan berbalik dan akan mencari TUHAN, Allah mereka, dan Daud, raja mereka. Mereka akan datang dengan gementar kepada TUHAN dan kepada kebaikan-Nya pada hari-hari yang terakhir”


RENUNGAN HARIAN HKBP SUTOYO

Sabtu, 01 Desember 2018

Hosea 3:5 
“Sesudah itu orang Israel akan berbalik dan akan mencari TUHAN, Allah mereka, dan Daud, raja mereka. Mereka akan datang dengan gementar kepada TUHAN dan kepada kebaikan-Nya pada hari-hari yang terakhir”.

“Dung i di laonlaon ni ari mulak ma halak Israel, jala luluan nasida ma Jahowa Debata nasida i dohot si Daud, raja nasida i jala angka hitir nasida mandapothon Jahowa dohot hatuaonNa di ujung ni angka ari”.



Bapa/Ibu, Saudara/i yang terkasih dalam Kristus Yesus! Kita telah memasuki Minggu akhir tahun gerejawi dan besok hari akan memasuki advent yang pertama. Jika hari Minggu yang lalu menekankan, bahwa segala sesuatu kuasa dan kekuatan di muka bumi ini ada akhirnya. Tetapi kuasa Tuhan tidak akan pernah berakhir dan kekal sampai selama-lamanya. Demikian juga yang digambarkan oleh nabi Hosea dalam ayat ini. Hosea merupakan nabi yang melakukan sesuatu hal yang sulit diterima oleh akal dan pikiran manusia. Kehidupan pribadinya dirusak oleh tragedi karena istrinya menjadi tidak setia. Tapi terlepas dari ketidaksetiaan itu, dia membawanya kembali.  Ini merupakan gambaran dari bangsa Israel dan juga pengajaran bagi bangsa tersebut, untuk kembali kepada Tuhan. Mereka bangsa yang tidak setia, namun TUHAN tetap setia terhadap mereka. Allah tetap memelihara dan mengasihi bangsa itu. Walaupun bangsa tersebut telah jauh hatinya dari TUHAN dengan hidup dalam kecemaran dan juga pemberontakan. Namun TUHAN masih tetap menunggu dan mengasihi umat-Nya. Dengan demikian dalam konteks ayat ini bahwa TUHAN menerima kembali umat-Nya.

Demikian halnya dengan kita pada saat ini. Pencarian kita bukan terdapat dalam dunia ini. Sebab dunia ini akan berakhir dan segalanya. Namun kuasa Tuhan tidak akan pernah berakhir. Semuanya akan kembali kepada-Nya. Manusia boleh hidup dengan semua keinginannya. Manusia bisa saja beroleh kepuasan dari dunia, tetapi tidak dengan kebahagiaan. Jika kita perhatikan apa yang diperbuat oleh Hosea terhadap perempuan sundal. Jauh melebihi itu yang diperbuat oleh Tuhan bagi umat manusia. Dan itu yang kita perhatikan dalam penekanan di bulan Desember 2018 ini: Bahwa Tuhan melawat umat-Nya. Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya. Amin. MMS

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========
www.hkbpsutoyo.blogspot.com