running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 15 Desember 2018

Renungan Harian - “Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu."


Renungan Jemaat HKBP Sutoyo

Sabtu, 15 Desember 2018

Nats: Lukas 21, 19
“Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu."

Syalom Amang, Inang dan seluruh Jemaat Tuhan HKBP Sutoyo… Horas!
Salam jumpa di renungan pagi HKBP Sutoyo pada hari ini Sabtu, 15 Desember 2018. Firman Tuhan hari ini dikutip dari Lukas 21:19, demikian isinya, ”Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidup”.



Saudara-saudara… Ada dua (2) kata yang perlu kita perhatikan dalam nats ini, pertama kata ‘bertahan’ dan kedua kata ‘hidup’ – ‘memperoleh hidup’. Dua kata dalam kalimat ini tentu saling terkait yang satu dengan yang lain. Di mana kata ‘bertahan’ adalah kata himbauan – bukan perintah – untuk sikap yang harus dipilih – diambil bukan karena terpaksa – untuk  merespon suatu hal yang dihadapi terhadap hal yang tidak diinginkan. ‘Bertahan’ adalah  merupakan sikap yang wise – bijak yang sebelumnya telah digumuli berdasarkan imannya. ‘Bertahan’ bukan karena supaya kelihatan religius namun ‘bertahan’ karena yang bersangkutan yakin bahwa dia dimampukan oleh Tuhannya. Akan hal ini Yesus menginginkan agar setiap orang yang percaya kepadaNya selalu berada di posisi ‘bertahan’ saat penderitaan atau pergumulan itu datang tiba-tiba atau beruntun menghampiri hidup orang beriman. Dengan ‘bertahan’ tentunya yang bersangkutan akan terlatih untuk menghadapi tantangan dan pergumulan seberat atau sebesar apapun itu. Dan akhirnya dia memiliki kekuatan dalam sikap yang berbeda dari orang lain – yang tidak terlatih – menghadapi penderitaan. Dengan kata lain, dengan sikap ‘bertahan’ kita semakin yakin kuasa Tuhan berkarya atas hidup kita.
Kemudian kata kedua adalah kata ‘hidup’ – memperoleh hidup. Apa  itu hidup? Akhir-akhir ini kita sering mendengar bahkan sering menyanyikan lagu rohani yang cukup viral. Sepenggal syairnya mengatakan, “Hidup ini adalah kesempatan, hidup ini untuk melayani Tuhan. Jangan sia-siakan waktu yang Tuhan beri, hidup ini harus jadi berkat…”.

Jemaat yang dikasihi Tuhan…
Memang hidup sangat erat hubungannya dengan waktu, dan waktu itu dalah kesempatan. Dengan boleh menikmati waktu itu artinya kita masih memiliki hidup. Dan pernahkah kita bertanya, mengapa Tuhan masih memberikan nafas kehidupan buatku? Paulus pernah menyinggung tentang hal ini dalam Filipi 1:22.a yang mengatakan, “Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah”. Bagi Paulus hidup harus memberi buah. Bukan hanya sekedar hidup. Hidup harus memiliki arti dan berdampak baik dengan orang lain dan bukan hanya untuk diri kita atau keluarga saja. Pakailah waktu dan kesempatan untuk menunjukkan bahwa hidup kita berguna baik orang banyak. Paling tidak kita boleh menjadi teladan atau contoh bahkan motivasi bagi orang lain. Namun bagaimana kita bisa bermanfaat, atau menjadi contoh atau motivasi bagi orang lain bila kita sendiri gampang menyerah dan tidak dapat bertahan dalam pergumulan?

Jemaat HKBP Sutoyo yang diberkati Tuhan…
Dalam nats ini Yesus menganjurkan untuk tetaplah bertahan, jangan mudah menyerah agar hidupmu berarti dan berguna bagi orang banyak. Pergumulan hidup untuk dihadapi bukan untuk dihindari. Bertahanlah dan tetaplah bertahan “karena pencobaan yang kita hadapi itu adalah pencobaan yang biasa yang tidak melebihi dari kekuatan kita”, kira-kira demikian yang dikatakan Paulus dalam 1 Korintus 10,13. Dan hanya orang yang bertahanlah yang disebut dalam kitab Wahyu 2:7 sebagai pemenang, yang nantinya hanya merekalah yang boleh menikmati berkat Tuhan. Oleh karena itu, bertahanlah… jadilah pemenang! Maka hidup yang diberkati akan menjadi hak dan milik kita. Tuhan memberkati. Amin. Pdt. Chris Harahap.

Doa:
Tuhanku dan Allahku, terimakasih atas berkat dan kasih karuniaMu yang Engkau berikan kepadaku. Pagi ini aku diingatkan FirmanMu bahwa begitu berartinya hidup yang Tuhan berikan kepadaku. Hidup adalah waktu untuk menjadi berkat bagi orang banyak. Ya Tuhan, jadilah kehendakMu atas diriku. Amin.

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========
www.hkbpsutoyo.blogspot.com