running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Jumat, 14 Desember 2018

Renungan Harian - Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan mengikutiNya dari belakang berseru, katanya: “Hosanna bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang Maha Tinggi”!


RENUNGAN HARIAN HKBP SUTOYO

Jumat, 14 Desember 2018

Matius 21:9
Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan mengikutiNya dari belakang berseru, katanya: “Hosanna bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang Maha Tinggi”!

Alai sude na torop i, angka na di joloNa nang na mangihut sian pudi pe mangolophon: Hosanna di Anak ni Raja Daud! Pinasupasu ma na ro marhitehite Goar ni Tuhan i! Hosanna ma di ginjang!.



Bapak/ibu dan Saudara-saudara yang terkasih, kedatangan seorang Raja telah lama dinantikan, telah lama diharapkan oleh bangsa Israel. Mereka berharap seorang Raja itu dapat membebaskan mereka dari bangsa yang telah menjajah mereka dan  tentang kedatangan Raja, Mesias itu juga sudah sejak dari Perjanjian Lama di  nubuatkan. Kedatangan Mesias dinubuatkan sebagai orang yang lemah lembut yang mengenderai keledai, Dia adalah raja damai, Dia datang dengan belas kasihan bukan dengan murka atau dendam.
Ketika nubuat itu terjadi, maka lihatlah bagaimana respon orang-orang yang telah lama menantikanNya: mereka menghamparkan pakaiannya di jalan, ada yang memotong ranting-ranting dari pohon dan menyebarkannya di jalan sambil berkata Hosana bagi Anak Daud. Hal ini menunjukkan kebahagiaan mereka, karena yang telah dinanti sudah datang dan disaksikan dengan kepala dan mata mereka sendiri, tidak lagi hanya sebagai wacana, sebagai nubuat saja. Sehingga sambutan itu direspon dengan tindakan dan perkataan dengan kalimat Hosana. Hosana dalam ayat ini diambil dari kitab Mazmur 118:25 yang berarti “Berilah kiranya keselamatan”. Tetapi pada zaman Yesus kalimat itu telah menjadi seruan yang berarti “Hiduplah”. Jadi mereka mengatakan hiduplah Anak Daud. Dilanjutkan dengan kalimat “diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan”, kalimat ini diambil juga dari kitab Mazmur 118:26; biasanya penduduk Yerusalem menggunakan kata-kata itu untuk mengucapkan “selamat datang” kepada orang-orang yang datang ke Yerusalem untuk menghadiri perayaan-perayaan di bait Allah. Orang-orang yang datang dalam nama Tuhan berarti bahwa mereka datang dengan menyebut nama Tuhan sebagai Allahnya. Seruan itu sekaligus menjadi harapan untuk kesejahteraan kerajaaNya. Mereka berharap kemakmuran, kegemilangan mengiringi kerajaaNya sehingga kerajaan itu penuh dengan kemenangan.
Bapak/ibu saudara-sadudara yang terkasih peristiwa Yesus dielu-elukan di Yerusalem ini menjelaskan kepada kita bahwa kedatangan Yesus itu direspon dengan sangat baik yang walaupun pada waktu itu makna kedatangan Yesus yang sesungguhnya tidaklah mereka pahami. Akan tetapi zaman kita yangs ekarang jelas-jelas sudah memahami makna yang sesungguhnya, bukan menyelamatkan secara politik, namun secara rohani. Lalu bagaimanakah kita sebagai orang yang telah mengerti kedatanganNya dan pada masa Minggu Advent ini kita menanti kedatanganNya untuk kedua kali. Apa persiapan yang telah kita lakukan? Firman Tuhan berkata “karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saaatnya” (Matius 25;13). Hal ini memberi makna kepada kita untuk tidak boleh lalai, namun senantiasa antusias, siap sedia, kapan Dia akan datang. Dalam masa penantian itu hal yang wajib kita lakukan adalah tunduk dan taatlah senantiasa kepada Tuhan dalam segala kondisi, baik dalam keadaan sukacita, bahkan dalam keadaan dukacita. Korbankan segala sesuatu bahkan yang terbaik darimu untuk kemuliaan Tuhan dan yang paling terakhir adalah setialah kepada Tuhan sampai hari datangNya. “diberkatilah dia yang hidup taat di dalam Tuhan dan membuktikan dirinya sebagai orang Kristen yang sejati dalam segala situasi hidup. Amin  Bvr. Gomgom Ronauli Hutahaean

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========
www.hkbpsutoyo.blogspot.com